0
Contoh Buku Inventaris Buku Perpustakaan PAUD/ TK/ RA/ KB/ TPA ini merupakan salah satu dari administrasi PAUD dalam hal inventarisasi. Disini juga saya akan jelaskan bagaimana cara menginventaris buku perpustakaan, contoh penomoran buku perpustakaan, dan daftar inventaris buku perpustakaan. Sebelumnya silahkan Download Contoh Buku Inventaris Buku Perpustakaan Sekolah PAUD ini supaya lebih jelas. 

Buku Inventaris Buku Perpustakaan PAUD/ TK/ RA/ KB/ TPA

Jenis Buku Inventaris Buku Perpustakaan PAUD ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni Buku Inventaris Buku Perpustakaan Guru/ PendidikBuku Inventaris Buku Perpustakaan Anak/ SiswaBuku Inventaris Buku Perpustakaan Umum. Jadi anda tinggal memilih mana format buku inventaris buku perpustakaan yang sesuai dengan jenis perpustakaan dilembaga anda.

Buku Inventaris Buku Perpustakaan Guru/ Pendidik, Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak/ Siswa, Buku Inventaris Buku Perpustakaan Umum



Langkah-langkah atau cara menginventaris buku perpustakaan yang umum dilakukan adalah :
  1. Nomor urut
  2. Tanggal: diisikan tanggal kapan buku bahan pustaka tersebut diterima dan menjadi milik perpustakaan.
  3. Nomor inventaris: kegiatan memberikan penomoran buku berdasarkn urutan penerimaannya. Nomor inventaris disebut juga dengan nomor induk buku yang merepresentasikan bahwa buku tersebut merupakan koleksi ke… (sekian) yang dimiliki perpustakaan. Sebuah Setiap eksemplar bahan pustaka memiliki nomor induk yang berbeda meskipun judul, pengerang, penerbit, dan tahun terbitnya sama. Apabila bahan pustaka hilang kemudian diganti buku yang sama dengan cetakan yang sama maka nomor induk yang digunakan sesuai dengan nomor induk dari buku yang hilang. Nomor inventaris buku dapat merepresentasikan jumlah keseluruhan bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan. Ada 2 macam cara pemberian nomor induk : 001, 002, 003… dan seterusnya atau 0001/09, 0002/09,0003/09 … dan seterusnya.
  4. Asal: keterangan biasanya diisi dengan simbol sesuai dengan cara pengadaannya. Misalnya : Pembelian (B), pemberian/hadiah/hibah (H), Penggandaan (C).keterangan biasanya diisi dengan simbol sesuai dengan cara pengadaannya. Misalnya : Pembelian (B), pemberian/hadiah/hibah (H), Penggandaan (C).
  5. Pengarang
  6. Judul
  7. Impresium
  8. Sandi pustaka
Semoga dengan Contoh Buku Inventaris Buku Perpustakaan PAUD/ TK/ RA/ KB/ TPA ini dapat bermanfaat bagi anda pengelola perpustakaan dan membuat buku inventaris perpustakaan. Kritik, syaran dan pertanyaan silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah demi perbaikan blog ini dimasa datang. Download juga berbagai Administrasi PAUD lainnya baik itu berkaitan dengan Pembelajaran, Kelembagaan, Keuangan, SK dan Surat, serta administrasi pelengkap lainnya melalui Menu di samping kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top