0
Cara Membuat Alat Peraga Edukatif PAUD Dari Bahan Bekas Lengkap Dengan Gambar ini akan menjadi bahan yang akan saya share dalam kesempatan kali ini. Dalam pembelajaran di PAUD, APE atau Alat Peraga Edukatif ini memiliki peranan sangat penting dalam merangsang perkembangan motorik anak. Untuk memiliki APE yang berkualitas tidak perlu dengan biaya yang mahal, kita dapat kreatif sebagai guru dengan memanfaatkan bahan bekas untuk dijadikan Alat Peraga Edukatif.

Alat Peraga Edukatif Dari Bahan Bekas


Membuat APE Gantungan Kunci


Bahan yang Digunakan :
  1. Gunting / Cutter
  2. Lem
  3. Ring kunci untuk dikaitkan ke kunci
  4. Bungkus makanan bekas (misalnya bungkus mi, capucino, milkuat, dll)
  5. Pensil dan triplek ukuran 15 x 4 cm (sebagai bahan pembantu)

Cara membuat :
Ambil Tripleks, berikan garis pada ujungnya buat ukuran 4 x 4 CM. Pada sisi panjang, bagi 4 CM buat pola menjadi 5 bagian dengan menggunakan pencil (perhatikan gambar).


Cara Membuat APE Gantungan Kunci

Ambil dua bungkus milkuat dan gunting sesuai dengan pola. Jika sudah digunting, satukan 2 bungkus tadi dengan cara dianyam seperti pada gambar

Cara Menganyam

Setelah selesai, berikan perekat pada salah satu sisinya, lalu isisilah dengan potongan palstik mie instan yang telah dipotong memanjang seperti mie untuk isi perutnya lalu tutup kembali  (seperti gambar  A berikut).

Mengelem Ikan APE

Isi sampai terbentuk ikan, tahap terakhir guntinglah untuk membentuk bagian ekor dan sirip berikan mata  dan gantungan kunci.

Proses Merapikan GAntungan Kunci APE



Artikel Lainnya !!!

Diharapkan dengan Cara Membuat Alat Peraga Edukatif PAUD Dari Bahan Bekas Lengkap Dengan Gambar ini dapat menjadi referensi yang baik dan sesuai dengan harapan bapak/ ibu pengajar PAUD semuanya. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini juga disediakan beebagai administrasi PAUD/ TK/ RA/ KB lainnya secara lengkap dan terbaru. Untuk mencari file administrasi yang anda inginkan silahkan untuk mencarinya melalui kotak pencarian dibagian atas blog atau melalui menu yang tersedia.

Sumber : www.paud.id

Posting Komentar

 
Top